4 Cara Merawat Rambut untuk Wanita yang Berhijab

4 Cara Merawat Rambut untuk Wanita yang Berhijab

Hijab kini sudah menjadi sebuah trend di masyarakat, bukan hanya sekedar untuk menutupi aurat sebagaimana yang diwajibkan dalam Islam. Dari anak-anak, remaja hingga dewasa kini bisa tampil cantik dan berani dengan kain hijab beraneka warna yang mereka kenakan.

Memakai hijab berarti akan menutupi seluruh mahkota kecantikan wanita, yaitu rambut. Dan seringkali hal itu membuat wanita menjadi tidak perduli lagi dengan mahkota indahnya. Padahal, meski berhijab setiap wanita tetap harus merawat rambutnya. Karena bila tidak, berbagai masalah bisa muncul di kepala dan rambutnya itu.

Rambut lepek, bau, berketombe bahkan rambut menjadi mudah rontok bisa saja mengancam rambut wanita yang berhijan. Namun bila anda mau rajin merawat rambut secara teratur, maka rambut tidak akan mengalami masalah meski anda memutuskan untuk terus memakai hijab sepanjang hari.

Cara Merawat Rambut untuk Wanita yang Berhijab

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan mengenai bagaimana caranya agar rambut tetap sehat dan cantik serta penampilan berhijab tetap menawan.

1. Perhatikan Jilbab yang dipakai
Memakai hijab bukan hanya sekedar bagaimana cara menutupi bagian kepala. Namun juga tentang bahan apa yang digunakan untuk hijab yang akan dikenakan.

Agar tidak menimbulkan masalah, maka cobalah untuk menggunakan kain hijab yang bisa menyerap keringat, seperti katun. Selain dari sisi bahan, penggunaan warna yang lembut juga berpengaruh agar kulit kepala terasa nyaman dan tidak mudah kepanasan terutama di siang hari saat cuaca sedang terik.

2. Rutin Berkeramas
Keramas secara rutin bisa membantu dalam menjaga kesehatan dan kebersihan kulit kepala. Untuk keramas, pilihlah jenis shampo yang sesuai untuk rambut yang dimiliki. Bila kondisi rambut serta kulit kepala bersih, maka penyebab rambut rontok bisa dicegah. Lakukan keramas dalam setiap minggunya minimal setiap 2 hari atau 3 hari.

3. Istirahatkan rambut
Jangan mengikat rambut terlalu kuat saat memakan hijab. Sebaiknya beri rambut untuk istirahat saat di rumah dan ketika istirahat. Caranya anda bisa biarkan rambut terurai tanpa diikat ketika di rumah agar lebih mudah bernapas. Cara ini akan membuat rambut menjadi lebih segar dan juga bisa mencegah datangnya ketombe.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi
Tidak hanya perawatan diluar saja yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut. Namun juga dibutuhkan asupan untuk kulit kepala dan juga rambut. Asupan itu dibutuhkan untuk memberikan nutrisi dan vitamin seperti Vitamin C, Vitamin B-6, Vitamin E, Vitamin B-12, dan juga protein.Sumber vitamin dan protein tersebut bias diperoleh dengan cara mengonsumsi sayuran ijau, kacang-kacangan, dan juga buah-buahan.

Jadi, meski anda sudah merasa bahwa rambut terlindungi setiap hari dari ultraviolet yang berasal dari teriknya sinar matahari, namun merawat rambut dan kulit kepala tetaplah penting untuk anda lakukan agar rambut terhindar dari kerusakan pada wanita berhijab.


4 Cara Merawat Rambut untuk Wanita yang Berhijab | buJaNG | 4.5