5 Cara Menghilangkan Rasa Pahit Sayur Pare

5 Cara Menghilangkan Rasa Pahit Sayur Pare

Tidak sedikit orang yang enggan untuk mengolah dan mengonsumsi sayur pare. Salah satu alasannya adalah karena rasa pahit dari sayur pare itu sendiri. Padahal, sayur pare sebenarnya bisa diolah menjadi beragam olahan masakan yang bisa menjadi masakan yang cukup maknyuss bisa pandai mengolahnya.

Bagi yang belum terbiasa, mungkin hasil olahan sayur pare yang dimasak akan terasa begitu pahit. Namun dengan sedikit trik yang sederhana bisa dikurangi rasa pahit dari sayur pare.

Dibalik rasa pahit sayur pare, ada segudang manfaat pare yang baik bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi sayur pare, berbagai jenis penyakit bisa disembuhkan. Adapun beberapa manfaat dari sayur pare diantaranya adalah bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kuning, malaria, membersihkan darah, membunuh sel kanker melancarkan pencernaan dan banyak manfaat lainnya.

Bagaimana Cara mengurangi Rasa Pahit Pada Sayur Pare

Untuk menghilangkan rasa pahit dari sayur pare mungkin akan sulit. Namun, dari rasa pahit inilah yang menjadi ciri khas dan menjadi salah satu alasan orang menyukai sayur pare. Tapi, anda bisa mengurangi rasa pahit dari sayur pare agar rasa pahitnya tidak sepekat biasanya.
Berikut ini adalah tips cara untuk mengurangi rasa pahit dari sayur pare yang bisa dicoba:

1. Gunakan Garam

Bila anda ingin menghilangkan rasa pahit pare dengan garam, terlebih dahulu pare dibelah menjadi dua bagian. Isi atau bijinya dibuang dan selaput putih yang ada pada bagian dalamnya juga dibersihkan. Setelah itu pare diiris tipis. Kemudian tambahkan garam halus lalu remas-remas sampai pare lemas. Diamkan dulu pare kurang lebih selama 15 menit, lalu cuci bersih diair mengalir. Sayur pare pun kini siap untuk diolah sesuai keinginan dengan rasa pahit yang sudah berkurang.

Selain dengan cara diatas, anda pun bisa juga mengurangi rasa pahit dari pare dengan cara merebus pare dengan air yang di dalamnya sudah ditambahkan garam sampai pare setengah empuk. Selanjutnya tiriskan airnya dan pare pun siap untuk diolah atau dimasak sesuai selera.

2. Gunakan Gula Pasir

Tidak jauh berbeda dengan cara menghilangkan rasa pahit pare dengan menggunakan garam, untuk mengurangi rasa pahit pare dengan gula sebenarnya sama saja prosesnya, hanya garam diganti dengan gula.

Proses meremas pare dilakukan dengan tujuan untuk mambantu agar cairan atau disebut sebagai ekstrak pahit dalam daging sayur pare bisa keluar. Sehingga rasa pahit pada sayur pare akan berkurang.

3. Daun Jambu Biji

Rebus sayur pare bersama dengan daun jambu biji. Namun sebelum direbus, terlebih dahulu daun jambu biji diremas-remas terlebih dahulu. Proses perebusan pare dalam air mendidih cukup dilakukan sekitar 5 menit saja, sampai setengah matang. Untuk ½ kg sayur pare, maka digunakan 10 lembar daun jambu biji.

4. Gunakan Lempengan Tanah Liat

Meski terdengar aneh, namun anda juga bisa mengurangi rasa pahit pada sayur pare dengan cara merebusnya bersama dengan lempengan tanah liat yang sudah dikeringkan sebelum diolah menjadi masakan. Lempengan tanah liat yang digunakan untuk campuran merebus pare ini bisa anda dapatkan dengan mudah karena biasanya banyak dijual dipasar tradisional.

5. Perkaya dengan Bumbu Masak

Selain dengan proses untuk mengurangi rasa pahit pare diatas, pemberian bumbu masakan juga bisa membantu dalam menyamarkan rasa pahit dari sayur pare. Mengolah pare dengan variasi bumbu yang kaya akan menjadikan pare menjadi satu hidangan yang sangat lezat. Misalnya saja untuk mengolah sayur pare, anda bisa menggunakan bumbu kacang, kombinasi bawang bombay dan penambahan ikan teri, ebi atau udang segar pada olahan anda.

Salah satu contoh olahan masakan dari sayur pare adalah tumis pare teri. Bahan utama tumis pare teri ini terdiri dari pare tentunya sebagai bahan utamanya, lalu ada juga tambahan teri atau bila tidak ada juga bisa ditambahkan ebi atau udang kecil. Serta beberapa bumbu dan bahan tambahan lainnya.


5 Cara Menghilangkan Rasa Pahit Sayur Pare | buJaNG | 4.5