5 Makanan untuk Menghentikan Kebiasaan Tidur Mendengkur

5 Makanan untuk Menghentikan Kebiasaan Tidur Mendengkur

Saat tubuh terlalu capek atau karena tubuh yang tidak fit sehingga menyebabkan hidung tersembat, maka biasanya saat tidur akan mengeluarkan suara dengkuran atau yang dikenal denganmengorok.

Seringkali tidur mendengkur dianggap sebagai masalah yang sepele oleh banyak orang. Padahal, tidur mendengkur bisa menjadi gejala adanya beberapa penyakit serius dalam tubuh.

Penyebab Tidur Mendengkur

Penyebab tidur mendengkur adalah terjadi akibat pergerakan udara dari mulut atau hidung menuju paru-paru membuat jaringan tenggorokan bergetar saat tertidur.

Otot-otot pada bagian belakang atap mulut, lidah dan tenggorokan akan menjadi lebih lemas pada keadaan tidur. Jika otot berada dalam keadaan lemas yang berlebihan, maka otot akan menghadang saluran napas. Saat pernapasan terjadi, langit-langit lunak dan uvula akan bergetar dan menyentuh bagian belakang tenggorokan.

Getaran tersebut dapat mempersempit saluran pernapasan. Semakin sempit saluran napas, maka aliran udara menjadi lebih besar dan meningkatkan getaran jaringan. Inilah yang menyebabkan terjadinya suara keras saat mendengkur.

Ada beberapa faktor resiko yang membuat seseorang lebih mungkin untuk mendengkur saat tidur. Misalnya adalah karena memiliki berat badan yang berlebih dan saluran pernapasan yang sempit. Seseorang juga bisa mendengkur saat tidur bila ia terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol.

Adanya masalah pada hidung seperti misalnya karena adanya lendir yang mengental akibat sedang flu atau pilek juga bisa menyebabkan keluar suara dengkuran saat tidur.

Makanan yang Bisa untuk Mengobati Tidur Mendengkur

Selain dengan cara berhenti merokok dan lepas dari kebiasaan minum alkohol, untuk menghentikan kebiasaan mendengkur juga bisa dilakukan dengan cara menjalankan diet yang sehat. Ada beberapa makanan yang bila dikonsumsi bisa membantu mengobtai kebiasaan tidur sambil mendengkur.

Berikut ini adalah lima makanan yang bisa mengobati kebiasaan tidur mendengkur sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky. Diantaranya:

1. Madu
Madu memiliki kandungan yang bersifat anti-inflamasi. Karena itu, bila terjadi pembengkakan di tenggorokan yang menyebabkan mendengkur bisa diobati dengan mengonsumsi madu. Caranya, minumlah secangkir teh yang ditambahkan madu ke dalamnya sebelum tidur untuk mengobati tidur mendengkur.

2. Ikan dan minyak ikan
Ikan adalah obat alami berikutnya untuk mengobati kebiasaan tidur mendengkur, selain minyak ikan. Ikan memiliki kandungan berupa asam omega 3 dan 6, yaitu asam lemak yang memproduksi kolesterol baik dan menghentikan produksi kolesterol jahat. Hal ini akan membantu mengurangi akumulasi lemak di sekitar tenggorokan, saluran hidung dan membersihkan saluran udara.

3. Susu kedelai
Alergi susu sapi seringkali bisa menyebabkan tidur mendengkur. Karena itu, sebagai ganti susu sapi bisa dengan cara minum susu kedelai. Protein khusus dalam susu sapi bisa menyebabkan reaksi alergi yang serius yang pada akhirnya meningkatkan kemacetan di bagian hidung, di mana pada akhirnya jadi mendengkur saat tidur.

4. Kunyit
Kunyit memiliki sifat antiseptik dan antibiotik. Karena itu berbagai penyakit bisa diobati dengan kunyit. Bahkan termasuk juga manfaat kunyit adalah bisa membantu dalam menyembuhkan peradangan dan mencegah mendengkur.

5. Diet rendah karbohidrat
Untuk mengobati tidur mendengkur bisa dilakukan dengan cara diet rendah karbohidrat dengan mengendalikan keseimbangan insulin. Sleep apnea adalah komponen dari sindrom resistensi insulin, dan diet rendah karbohidrat bisa mencegah sleep apnea.

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu untuk mengobati kebiasaan tidur sambil mendengkur. Namun bila mendengkur sudah terasa sangat mengganggu dan dengan mencoba menerapkan konsumsi makanan tersebut kebiasaan mendengkur tidak juga kunjung sembuh, ada baiknya bila anda segera mengkonsultasikan dengan dokter. Semoga bermanfaat.


5 Makanan untuk Menghentikan Kebiasaan Tidur Mendengkur | buJaNG | 4.5