7 Makanan yang Bisa Dikonsumsi untuk Membantu Mengatasi Stres

7 Makanan yang Bisa Dikonsumsi untuk Membantu Mengatasi Stres

Hampir setiap orang pernah bermasalah dengan stres. Ada faktor penyebab stres yang bisa terjadi. Mulai dari beban pekerjaan yang menumpuk di kantor, hingga masalah keluarga di rumah.

Meski menjadi hal yang umum dialami oleh kebanyakan orang, namun bila tidak dikelola dengan benar maka dampak stres bisa berakibat sangat buruk.

Mungkin karena ini biasa terjadi dan dialami oleh banyak orang menjadikan stres sering dianggap hal yang sepele, namun bila tidak diatasi stres bisa mengganggu aktivitas. Karenanya, untuk mengelola stres bisa dilakukan dengan beberapa hal. Salah satunya adalah dengan makanan.

Makanan untuk Membantu Meredakan Stres

Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan stres pikiran, salah satunya adalah dengan makanan. Ya, makanan bisa menjadi obat penghilang stres yang cukup ampuh. Namun tentu saja tidak semua makanan bisa berguna untuk ini.

Sebagaimana yang dikutip dari laman ehow.com, berikut adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi sebagai cara untuk mengatasi stres yang bisa coba anda:

1. Dark chocolate
Cokelat adalah makanan paling ampuh untuk melepaskan stres. Resveratrol dan antioksidan yang terkandung di dalam cokelat dapat merangsang pelepasan serotonin di otak, mengubah suasana hati menjadi rileks dan bahagia. Selain itu, ternyata nutrisi dalam dark chocolate juga dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

2. Ikan salmon
Selain baik untuk jantung, kandungan omega 3 yang ada dalam ikan salmon juga bisa membantu dalam mengelola rasa stres. Demikian menurut hasil dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan. Asam lemak esensial di dalam ikan salmon bisa melindungi neuron dari kerusakan yang disebabkan oleh stres. Jumlah konsumsi ikan salmon, atau jenis lainnya, seperti tuna atau sarden, yang disarankan adalah sebanyak dua kali dalam seminggu.

3. Pisang
Pisang tidak hanya dikenal rendah kalori, namun juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk mengurangi stres. Kekurangan vitamin B6 dapat menurunkan produksi serotonin, sehingga mengkonsumsi pisang sebagai asupan makanan sehari-hari dapat menjaga tingkat vitamin B6 dan serotonin dalam tubuh. Selain itu, pisang juga kaya akan kalium, sebuah nutrisi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Sayuran
Kortisol merupakan hormon utama yang bertanggung jawab sebagai respon stres. Kortisol bertugas menyiapkan glukosa yang dibutuhkan tubuh segera setelah mengalami stres. Saat anda stres, tubuh kekurangan magnesium dan hal ini akan membuat anda menjadi rentan terhadap rasa stres. Karenanya anda disarankan untuk memakan sayuran setiap hari agar mendapatkan asupan magnesium yang cukup untuk keseimbangan kadar kortisol dan mengurangi kecemasan akibat stres.

5. Teh hijau dan teh hitam
Teh hijau atau teh hitam mengandung asam amino L-theanine yang berfungsi meningkatkan dopamin dan produksi serotonin. Sama halnya dengan serotonin, dopamin merupakan bahan kimia yang baik untuk mempromosikan rasa senang di otak. Anda tidak perlu khawatir, meskipun terkadang teh hijau memiliki lebih banyak kafein daripada secangkir kopi, pada beberapa orang L-theanine bisa menjadi stimulan untuk perasaan senang dan relaksasi.

6. Paprika merah
Paprika merah tidak hanya berguna untuk menambah cita rasa masakan, namun ternyata juga meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan stres. Dalam satu porsi masakan paprika merah memiliki lebih banyak kandungan vitamin C yang bisa menurunkan kadar kortisol. Paprika merah sangat dianjurkan untuk para pria yang memiliki kadar kortisol lebih tinggi daripada wanita.

7. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan makanan yang kaya akan kandungan vitamin B, dimana jenis vitamin ini memiliki peran penting untuk manajemen stres. Namun tidak hanya itu saja, karena berbagai jenis kacang-kacangan juga tinggi serat, protein, dan zat besi. Sementara untuk mendapatkan cita rasa yang lebih baik, maka anda bisa memasak kacang-kacangan menjadi sup atau salad.

Selain dengan mengetahui cara mengatasi stres diatas, penting juga untuk mengetahui tanda-tanda dan juga cara menghindarinya.

Misalnya saja orang yang stres bisa jadi ia akan kesulitan dalam berkonsentrasi, cepat panik, sakit kepala, suasana hati yang tidak mudah berubah, bahkan juga bisa menyebabkan sulit tidur di malam hari.

Adapun cara menghindari stres yang bisa dilakukan misalnya dengan berolahraga, menciptakan hubungan yang baik, memiliki me time yang baik danb tentu saja harus berusaha belajar bagaimana cara menghindari stres itu sendiri.

Itulah beberapa tips menghilangkan stres yang dapat coba dilakukan. Semoga bermanfaat.


7 Makanan yang Bisa Dikonsumsi untuk Membantu Mengatasi Stres | buJaNG | 4.5