Penyebab Gigi Gingsul yang Harus Diketahui

Penyebab Gigi Gingsul yang Harus Diketahui

Gigi gingsul adalah gigi yang mana salah satu gigi tumbuh tidak sejajar dengan gigi lainnya. Gigi ini tidak tumbuh mengikuti tempat, biasanya tumbuh keluar tidak mengikuti alur gigi.

Dulu memiliki gigi gingsul dianggap memalukan, karena membuat gigi tumbuh tidak rata dan rapi. Karena itu, tidak sedikit dari mereka yang akhirnya agar giginya bisa rata maka mencoba dengan cara mencabut gigi gingsul. Namun tidak demikian dengan masa sekarang. Terutama pada cewek, seringkali dianggap bahwa memiliki gigi gingsul itu manis. Hingga akhirnya cara menumbuhkan gigi gingsul banyak dicari. Namun tentu saja hal ini sangat sulit. Kalaupun bisa, jalan satu-satunya adalah dengan bantuan dokter gigi untuk membuat dan memasang implan gigi. Biayanya tentu saja akan mahal untuk tindakan ini.

Meski banyak yang menginginkan untuk memiliki gigi gingsul, namun tidak jarang gigi gingsul justru membuat pemiliknya merasa kurang percaya diri. Berbeda dengan gigi tonggos, memiliki gigi gingsul sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, karena tidak akan membawa resiko apa-apa.

Penyebab Tumbuh Gigi Gingsul

Biasanya, alasan seseorang bisa memiliki gigi gingsul adalah karena dipicu dari perawatan gigi yang tak baik pada saat masih anak-anak. Misalnya saja karena jarang dibersihkan hingga menyebabkan berlubang, maka membuat gigi anak yang tanggal lebih cepat, hal ini tentunya akan merusak tatanan gigi.

Karena masih dalam pertumbuhan, maka jika ada gigi yang tanggal, maka nanti lubang di gusi bekas gigi yang tanggal akan diisi gigi sebelahnya. Posisinya pun akhirnya bergeser. Akibatnya, gigi yang baru tumbuh pun nantinya akan ikut terganggu juga. Saat gigi tetap mulai bertumbuh namun tidak ada tempat di mulut karena ada pergeseran, maka akhirnya gigi tetap tersebut terpaksa tumbuh di barisan depan atau belakang.

Selain karena gigi yang tanggal terlalu cepat, penyebab tumbuh gigi gingsul juga bisa karena tulang rahang yang kecil. Faktor genetik dan juga lingkungan berperan besar dalam hal ini. Misalnya karena kebiasaan makan orang sekarang yang lebih sering konsumsi bahan makanan yang lembut dan tidak keras, hingga akhirnya menyebabkan rahang seseorang menjadi kurang berkembang.

Cara Meratakan dan Merapikan Gigi Gingsul

Meski senyum wanita yang memiliki gigi gingsul itu manis kelihatannya, namun tidaklah semua orang suka akan hal ini. Karenanya tidak sedikit mereka yang memiliki gigi gingsul lantas ingin segera meratakan dan merapikan gigi yang gingsul tersebut.

Untuk meratakan dan merapikan gigi gingsul, diperlukan bantuan dari tenaga ahli untuk melakukan perawatan kawat gigi atau yang dikenal dengan ortodonti. Pemasangan kawat gigi atau behel akan dilakukan untuk memperbaiki susunan gigi, pengunyahan, pelafalan kata yang salah, dan penampilan wajah.

Adapun prosedur perawatan ortodonti dimulai dengan penegakan diagnosa melalui serangkaian pemeriksaan klinis dan radiografis, kemudian dilakukan analisis model gigi dan radiografis, setelah itu penentuan rencana perawatan.

Ketidakberhasilan akan metode cara merapikan gigi seperti ini biasanya terjadi dimana susunan gigi kembali seperti semula bila pasien tidak memakai retainer atau pasien tidak mengikuti cara pemakaian yang dianjurkan oleh dokter gigi yang merawat. Karena itu setelah melakukan perawatan gigi, ikuti anjuran dokter tentang penggunaan retainer yang berfungsi untuk mempertahankan posisi gigi yang sudah baik agar tidak kembali seperti semula atau biasa disebut relaps.

Biasanya pasien yang melakukan perawatan gigi seperti ini perlu memakai retainer selama 1-2 tahun atau lebih, tergantung dari berat ringannya kasus. Adapun untuk biaya merapikan gigi gingsul tentu saja bervariasi, karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti parah tidaknya masalah gigi yang dialami dan beberapa hal lainnya. Beda klinik pun biasanya akan berbeda harga untuk biaya perawatan giginya. Karena itu ada baiknya untuk terlebih dahulu menanyakan secara langsung di rumah sakit atau klinik gigi pilihan untuk berobat mengenai biaya keseluruhan perawatan gigi yang akan dilakukan.


cara menumbuhkan gigi gingsul, cara membuat gigi gingsul, cara membuat gigi gingsul sendiri, cara menumbuhkan gigi gingsul secara alami, tips menumbuhkan gigi gingsul, cara menumbuhkan gingsul, cara membuat gigi gingsul alami, cara membuat gingsul, cara agar gigi gingsul, cara membuat gigi gingsul secara alami, cara mempunyai gigi gingsul, cara bikin gigi gingsul, membuat gigi gingsul, cara membuat gingsul secara alami
Penyebab Gigi Gingsul yang Harus Diketahui | buJaNG | 4.5